1.3 Menjelaskan
peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari
A. Peran TIK
dalam bidang pendidikan
Pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan telah lama dilakukan d Negara maju. Setiap siswa mempunyai kesempatan utk mengakses bahan pelajaran yg disajikandlm bentuk interaktif melalui jaringan computer
Pemanfaatan TIK dlm bidang pendidikan :
- berbagi hasil penelitian
- konsultasi dg pakar
- perpustakaan online
- diskusi online
- kelas online
Keuntungan TIK bagi peserta didik di Bidang pendidikan :
- dapat mengakses informasi hasil penelitian org lain
- akses k sumber pengetahuan dapat dilakukan lebih mudah
- akses k para ahli menjadi mudah karn tdk d batasi oleh jarak dan waktu
- materi pelajaran yg disampaikan interaktif dan menarik
Keuntungan lembaga penyelenggara :
- dapat berbagi hasil penelitian dg lembaga / institusi lain
- dapat memberikan layanan yg lebih baik kpd peserta didik
- dapat menjangkau pelajar / mahasiswa yg berada d tempat lain
- biaya menyediakan buku buku dapat dikurangi
- dapat saling berbagi sumber ilmu dg institusi lain
Pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan telah lama dilakukan d Negara maju. Setiap siswa mempunyai kesempatan utk mengakses bahan pelajaran yg disajikandlm bentuk interaktif melalui jaringan computer
Pemanfaatan TIK dlm bidang pendidikan :
- berbagi hasil penelitian
- konsultasi dg pakar
- perpustakaan online
- diskusi online
- kelas online
Keuntungan TIK bagi peserta didik di Bidang pendidikan :
- dapat mengakses informasi hasil penelitian org lain
- akses k sumber pengetahuan dapat dilakukan lebih mudah
- akses k para ahli menjadi mudah karn tdk d batasi oleh jarak dan waktu
- materi pelajaran yg disampaikan interaktif dan menarik
Keuntungan lembaga penyelenggara :
- dapat berbagi hasil penelitian dg lembaga / institusi lain
- dapat memberikan layanan yg lebih baik kpd peserta didik
- dapat menjangkau pelajar / mahasiswa yg berada d tempat lain
- biaya menyediakan buku buku dapat dikurangi
- dapat saling berbagi sumber ilmu dg institusi lain
B.
Peran TIK dalam bidang Bisnis
Internet Banking : Layanan perbankan yg dilakukan dg menggunakan internet.
SMS Banking : layanan perbankan dr bank yg dilakukan dg menggunakan internet
E – Commerce : perdagangan yg dilakukan dg memanfaatkan jaringan telekomunikasi
Transaksi yg dapat dilakukan adalah pengecekan saldo,transfer uang, dan pembayaran tagihan
Keuntungan internet banking bagi Bank :
- jumlah nasabah yg datang ke bank sedikit
- jumlah pegawai yg harus melayani nasabah dapat dikurangi
- luas kantor yg harus disediakan lebih kecil
- bank memberikan keleluasaan kpd nasabah utk bertransaksi
Keuntungan yang diperoleh perusahaan :
- memungkinkan perusahaan menjual produk ke banyak org dan dapat menjangkau pasar
yg lebih luas
- perusahaan tdk perlu membuka banyak cabang distribusi
- biaya dapat dikurangi karna tdk perlu menyediakan toko dan pegawai
- barang dapat dijual dg lebih murah,maka bnyak konsumen yg dapat menjangkaunya
- meningkatkan daya saing perusahaan
Keuntungan yang diperoleh konsumen :
- konsumen tidak perlu mendatangi toko
- pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi
- konsumen lebih mempunyai banyak pilihan
- konsumen dpat membeli barang yg ada d Negara lain yg lebih murah
Internet Banking : Layanan perbankan yg dilakukan dg menggunakan internet.
SMS Banking : layanan perbankan dr bank yg dilakukan dg menggunakan internet
E – Commerce : perdagangan yg dilakukan dg memanfaatkan jaringan telekomunikasi
Transaksi yg dapat dilakukan adalah pengecekan saldo,transfer uang, dan pembayaran tagihan
Keuntungan internet banking bagi Bank :
- jumlah nasabah yg datang ke bank sedikit
- jumlah pegawai yg harus melayani nasabah dapat dikurangi
- luas kantor yg harus disediakan lebih kecil
- bank memberikan keleluasaan kpd nasabah utk bertransaksi
Keuntungan yang diperoleh perusahaan :
- memungkinkan perusahaan menjual produk ke banyak org dan dapat menjangkau pasar
yg lebih luas
- perusahaan tdk perlu membuka banyak cabang distribusi
- biaya dapat dikurangi karna tdk perlu menyediakan toko dan pegawai
- barang dapat dijual dg lebih murah,maka bnyak konsumen yg dapat menjangkaunya
- meningkatkan daya saing perusahaan
Keuntungan yang diperoleh konsumen :
- konsumen tidak perlu mendatangi toko
- pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi
- konsumen lebih mempunyai banyak pilihan
- konsumen dpat membeli barang yg ada d Negara lain yg lebih murah
C.
TIK dalam Bidang Pemerintahan
a. Government to citizen : pemanfaatan untuk melayani kebutuhan masyarakat
b. Government to business : pemanfaatan untuk melayani dunia usaha
c.Government to government : pemanfaatan utk melayani kebutuhan lembaga
pemerintahan lain, departemen lain, dll
Keuntungan bagi masyarakat :
- meningkatkan layanan kpd masyarakat
- meningkatkan hubungan pemerintah dg dunia usaha masyarakat
- tersedia informasi yg lebih mudah diakses oleh masyarakat
- hilangnya birokrasi yg selama ini menjadi momok dunia usaha
a. Government to citizen : pemanfaatan untuk melayani kebutuhan masyarakat
b. Government to business : pemanfaatan untuk melayani dunia usaha
c.Government to government : pemanfaatan utk melayani kebutuhan lembaga
pemerintahan lain, departemen lain, dll
Keuntungan bagi masyarakat :
- meningkatkan layanan kpd masyarakat
- meningkatkan hubungan pemerintah dg dunia usaha masyarakat
- tersedia informasi yg lebih mudah diakses oleh masyarakat
- hilangnya birokrasi yg selama ini menjadi momok dunia usaha
D. TIK dalam
bidang pendidikan
Untuk menanggulangi kemiskinan dipedesaan, pemerintah melalui BAPPENAS dan bekerja sama dg UNDP membuat sebuah program yg d sebut Information and Communication Technology for Poverty reduction (ICT4PR) utk mengurangi kemiskinan.
Menurut ICT4PR kemiskinan d pedesaan di sebabkan oleh :
- pendidikan rendah
- tingkat kualitas kesehatan rendah
- ekonomi lemah
- kepemilikan alat produksi yg terbatas
- penguasaan teknologi yg kurang
- rendahnya keterampilan masyarakat
ICT4PR membangun pusat TIK yg di sebut telecenter d 6 provinsi : Jawa tengah, Jawa timur, Sulawesi tengah, Sulawesi tenggara,Gorontalo, Papua
Manfaat Telecenter bagi masyarakat :
- sebagai sumber informasi dan sarana belajar bgi masyarakat
- sebagai sarana melihat pasar yg lebih luas dr produk setempat
- menumbuhkan informasi kesehatan
- mengembangkan perdagangan melalui e- commerce
Untuk menanggulangi kemiskinan dipedesaan, pemerintah melalui BAPPENAS dan bekerja sama dg UNDP membuat sebuah program yg d sebut Information and Communication Technology for Poverty reduction (ICT4PR) utk mengurangi kemiskinan.
Menurut ICT4PR kemiskinan d pedesaan di sebabkan oleh :
- pendidikan rendah
- tingkat kualitas kesehatan rendah
- ekonomi lemah
- kepemilikan alat produksi yg terbatas
- penguasaan teknologi yg kurang
- rendahnya keterampilan masyarakat
ICT4PR membangun pusat TIK yg di sebut telecenter d 6 provinsi : Jawa tengah, Jawa timur, Sulawesi tengah, Sulawesi tenggara,Gorontalo, Papua
Manfaat Telecenter bagi masyarakat :
- sebagai sumber informasi dan sarana belajar bgi masyarakat
- sebagai sarana melihat pasar yg lebih luas dr produk setempat
- menumbuhkan informasi kesehatan
- mengembangkan perdagangan melalui e- commerce
0 komentar:
Posting Komentar